Wednesday 28 October 2015

21:29
Cara Membersihkan Registry - Pada proses berjalannya aplikasi , khususnya dalam pembuat data dan dokumen, kerap kali membuat aneka entri registry sebelum dan selanjutnya malah tidak berguna lagi. Ya aneka entri registry itu menjadi sampah dan tidak terpakai.

Cara Membersihkan Registry

Akibatnya sama jika file sampah terus bercokol dalam hard disk. Tak hanya itu, registry sampah bisa saja mengacaukan proses kerja registri - registri dalam sistem. Untuk membersihkan anda bisa gunakan aneka aplikasi third party permbersih dan pembuang registri yang tidak berguna.

Salah satu pilihan yang baik untuk anda adalah Regseeker dari http://www.hoverdesk.net/, setelah mendapatkan file yang dalam bentuk zip, ekstrak file tersebut untuk kemudian jalankan file tersebut. Tindakan ini akan langsung mengaktifkan aplikasi tanpa perlu anda instal.

Fungsi utama aplikasi ini sebenarnya tidak hanya untuk membersihkan registri. Ada beberapa perkakas yang bisa digunakan untuk mencadangkan data dan melakukan tweaking sistem. Untuk membersihkan registri, langsung saja pilih clear the registri.

Untuk mulai memindai isi sistem untuk mencari registri tidak berguna pilih saja ok. Namun, aplikasi ini menyarankan agar anda mencadangkan data terlebih dahulu sebelum melakukannya. Untuk itu anda hanya perlu memberi tanda centang opsi back up before deletion. Proses pemindaian akan ditunjukkan oleh baris status proses dibagian bawah jendela.

Registri sampah akan terdaftar dalam jendela disisi kanan dan disertai dengan keterangan mengapa file tersebut sudah tidak terpakai lagi. Untuk memulai menghapus pilih registri yang hendak dibuang dengan memilih select, select all.

Hapus entri registri dengan memilih action, delete selected item kemudian pilih ok. Selanjutnya akan mencul konfirmasi back up dan pilih saja ok. Jika sudah kosong, proses pembersihan sudah selesai.

Jika dari proses pembersihan ini terdapat kesalahan, anda tinggal mengeluarkan cadangan data yang telah dibuat sebelumnya. Aktifkan back up tersebut dengan memilih back up. Lalu tekan dua kali file yang bernama CLEAN yang ada disisi kanan lalu pada letak yang baru muncul, lalu klik restore

Bagaimana, mudah bukan cara membersihkan registry. Selamat mencoba sobat.

0 komentar:

Post a Comment